Contoh Program Luas Segitiga Pada QBASIC

PROGRAM LUAS SEGITIGA 

 QUICK BASIC


Untuk logika (penjelasan)   :  
-CLS , CLS yaitu Clear Screen yang berarti untuk membersihkan layar.
-PRINT "PROGRAM LUAS SEGITIGA" , perintah PRINT digunakan untuk melakukan cetak. Maka akan mencetak dilayar output berupa himpunan karakter yang ada didalam tanda kutip (") , yaitu PROGRAM LUAS SEGITIGA.
-INPUT "MASUKAN NILAI ALAS : ", A 
 INPUT digunakan untuk memasukan suatu nilai kedalam sebuah variable. Dilayar output akan ada MASUKAN NILAI ALAS yang mana merupakan hasil himpunan karakter yang ada di baris INPUT tersebut. Lalu, Anda akan memasukan nilai tersebut yang kemudian dimasukan ke variabel A. Untuk simbol dari variabel sebenarnya bebas, tetapi disini Saya menggunakan inisial dari Alas yaitu A supaya lebih memudahkan.
-INPUT "MASUKAN NILAI TINGGI :",T
Fungsi INPUT untuk memasukan suatu nilai kedalam sebuah variable. Dilayar output akan ada MASUKAN NILAI TINGGI yang merupakan hasil himpunan karakter yang ada di barus INPUT yang Kedua , lalu Anda akan memasukan nilai dari Tinggi segitiga tersebut sesuka Anda. Setelahnya nilai yang Anda masukan tersebut akan disimpan atau masuk kedalam variable T yang ada di akhir perintah INPUT pada baris tersebut.
-LUAS = A * T / 2
Merupakan rumus yang kita butuhkan untuk menghitung luas segitiga. Lalu, hasil daripada perhitungan A*T/2 nantinya akan masuk kedalam variable LUAS.
-PRINT "LUAS SEGITIGA ADALAH:"; LUAS
Dilayar output akan tercetak himpunan karakter yang ada didalam tanda kutip yaitu, LUAS SEGITIGA ADALAH : . Lalu setelahnya ada variable LUAS, yang merupakan hasil dari perhitungan A*T/2.
-END
END untuk mengakhiri sebuah program yang dikerjakan atau di eksekusi.

OUTPUT


Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan bagian dari layar output.
-PROGRAM LUAS SEGITIGA, merupakan hasil dari perintah PRINT "PROGRAM LUAS SEGITIGA" .
-MASUKAN NILAI ALAS : 
merupakan hasil dari perintah INPUT "MASUKAN NILAI ALAS : ", A . MASUKAN NILAI ALAS berasal dari himpunan karakter yang ada didalam tanda kutip. Lalu angka yang Anda masukan contoh nya 4 , akan disimpan didalam variable A.
-MASUKAN NILAI TINGGI : 
merupakan hasil dari perintah INPUT "MASUKAN NILAI TINGGI:", T. MASUKAN NILAI TINGGI berasal dari himpunan karakter yang ada didalam tanda kutip tersebut. Lalu angka yang Anda masukan contohnya 2, akan masuk kedalam sebuah variable yaitu T.
- Pada layar input tadi, Kita sudah memasukkan rumus dari perhitungan luas segitiga, maka komputer akan dengan otomatis menghitung dengan rumus yang sudah kita tentukan saat dilayar input yang tadi.
-LUAS SEGITIGA ADALAH : 
Merupakan hasil dari perintah PRINT "LUAS SEGITIGA ADALAH :"; LUAS . LUAS SEGITIGA ADALAH, berasal dari himpunan karakter yang ada di baris tersebut. Lalu angka 2 merupakan hasil dari hitung-hitungan dengan menggunakan rumus yang sudah ditentukan pada layar Input. Maka angka 2 tersebut disimpan di dalam variable luas yang kemudian di cetak dalam perintah PRINT tersebut.

Semoga Bermanfaat :D
Jangan mudah menyerah, kunci nya adalah banyak latihan dan banyak bertanya . Jika ada kurang jelas silahkan di komentari dan sebutkan pertanyaanya. 

TERIMAKASIH :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer